Menjaga Hati

Jagalah hati jangan kau kotori
Jagalah hati lentera hidup ini
Jagalah hati jangan kau nodai
Jagalah hati cahaya illahi

Syair lagu di atas menggambarkan betapa penting menjaga hati untuk tetap bersih dan jernih terbebas dari noda dan penyakit hati yang menghalangi dari pancaran cahaya ilahi.

Ibnu Hajar al-Asqalani dalam kitab Munabbiht ala Istiddi li Yaumil Md menjelaskan pemaparan Imam Hasan al-Bashri, enam hal yang dapat membuat rusak hati manusia.

Pertama, berbuat dosa dengan berharap kelak ia bisa bertobat. Ia sadar bahwa apa yang dilakukan adalah kedurhakaan, tapi berangan-angan ia bisa menghapus kesalahan-kesalahan kini di kemudian hari. Ini merupakan sebuah kesombongan karena terlalu percaya diri bahwa Allah akan memberinya kesempatan bertobat lalu melimpahinya rahmat.

Kedua, berilmu tapi tidak mau mengamalkannya. Pepatan bijak mengatakan, al-ilmu bil amalin kasy syajari bil tsamarin (ilmu tanpa amal bagaikan pohon tanpa buah)

Ketiga, ketika beramal, ia tidak ikhlas. Ikhlas adalah hal yang cukup berat sebab meniscayakan kerelaan hati meskipun ada yang dikorbankan. Harus terus dilatih dan dilatih.

Keempat, memakan rezeki Allah tapi tidak mau bersyukur. Syekh Nawawi al-Bantani dalam Nashaihul Ibad mengartikan syukur dengan ijrul adl f mardltillh tal wa ijrul amwl fh (menggunakan anggota badan dan harta benda untuk sesuatu yang mendatangkan ridha Allah). Artinya, selain ucapan alhamdulillah, kita dianggap bersyukur bila tingkah laku kita, termasuk dalam penggunaan kekayaan kita, bukan untuk jalan maksiat kepada Allah ﷻ

Kelima adalah tidak ridha dengan karunia Allah. Pada level ini, orang bukan hanya tidak mau mengucapkan rasa syukur, tapi juga kerap mengeluh, merasa kurang, bahkan dalam bentuknya yang ekstrem melakukan protes kepada Allah.

Keenam, mengubur orang mati namun tidak mengambil pelajaran darinya. Peristiwa kematian adalah nasihat yang lebih gamblang daripada pidato-pidato dalam panggung ceramah dan tulisan nasihat dalam buku.

Related posts

Api Cinta vs Api Neraka

Api Cinta vs Api Neraka

Imam Junaidi Al-Bahdadi berkata: +ACYAIw-8220+ADs-Neraka berseru: +ACYAIw-8216+ADs-wahai Tuhanku, jikalau saya tidak taat kepada-Mu, apakah Engkau akan menyiksaku...

Posted

Leave a Reply