Prasangka Buruk VS Prasangka Baik

Berburuk sangka adalah satu sifat tercela di dalam ajaran agama Islam. Buruk sangka biasanya berawal dari dugaan yang tidak mendasar berujung kepada fitnah dan berakhir pada perpecahan dan permusuhan.

Sebaliknya Islam senantiasa menganjurkan umatnya untuk senantiasa berbaik sangka atas segala hal yang belum terlihat fakta sebenarnya. Terdapat begitu banyak dalil al-Quran dan Hadist yang menjelaskan agar umat menjauhikan diri sejauh-jauhnya dari prasangka buruk.

Allah berfirman: Jauhilah kalian dari kebanyakan persangkaan, sesungguhnya sebagian prasangka adalah dosa (QS. Al-Hujuraat: 12)

Nabi Shallallahualaihi Wasallam juga bersabda:
Jauhilah prasangka, karena prasangka itu adalah perkataan yang paling dusta (HR. Bukhari-Muslim)

Sebuah keteladanan yang luar biasa dari salah seorang anak sahabat Rosulullah SAW, Thalhah bin Abdurrahman bin Auf adalah sosok paling dermawan di kalangan Quraisy pada zamannya. Ketika dalam kondisi sulit, istrinya pernah berkata kepadanya, Aku tidak melihat kaum yang keterlaluan melebihi kawan-kawanmu!

Thalhah terhenyak dan berkata, kenapa? Mengapa kamu berkata seperti itu? Apa alasanmu?
Istrinya menjawab, Mereka dekat denganmu saat kamu berkecukupan, tapi mereka meninggalkanmu saat kamu dalam kesusahan.

Dengan bijak Thalhah menjawab,
Itu justru menunjukkan kebaikan mereka. Mereka datang saat aku kuat dan bisa membantu mereka dan mereka tidak mendatangiku saat aku tidak mampu berbuat (membantu), karena mereka tak ingin membebani diriku.

Sebuah kiat jitu agar terhindar dari prasangka buruk, telah diajarkan oleh Abu Hatim bin Hibban Al-Busti dalam kitab Raudhah Al-‘Uqala, yakni menyibukkan diri untuk memikirkan keburukan diri sendiri, sehingga ketika melihat keburukan yang sama pada orang lain, kita akan merasa hina, seakan bercermin pada keburukan sendiri. Sebaliknya, jangan sibuk mencari keburukan orang lain, karena akan membutakan kita terhadap keburukan diri sendiri.

PT AL AMIN UNIVERSAL
📍Jl Pakubuwono VI/109 Kebayoran Baru, Jakarta 12120
☎️021 739 2800
🌐www.alamintours.co.id

Related posts

Api Cinta vs Api Neraka

Api Cinta vs Api Neraka

Imam Junaidi Al-Bahdadi berkata: +ACYAIw-8220+ADs-Neraka berseru: +ACYAIw-8216+ADs-wahai Tuhanku, jikalau saya tidak taat kepada-Mu, apakah Engkau akan menyiksaku...

Posted

Leave a Reply