Empat Anjuran Rosulullah SAW Untuk Menggapai Surga

Empat hal yang dapat membawa pengamalnya menuju surga Allah SWT, yaitu memberikan salam (kedamaian), memberi makan orang yang lapar, menyambung tali kasih sayang dan beribadah kepada Allah SWT.

Demikian sebagaimana yang terangkum dalam hadist Rosulullah Muhammad SAW.
أَفْشُوا السَّلَامَ، وَأَطْعِمُوا الطَّعَامَ، وَصِلُوا الْأَرْحَامَ، وَصَلُّوا وَالنَّاسُ نِيَامٌ تَدْخُلُوا الْجَنَّةَ بِسَلَامٍ
.
Sebarkan kedamaian, berikan makanan, bersilaturrahimlah, shalatlah ketika orang-orang tidur, engkau akan masuk surga dengan damai. Pertama, menebarkan perdamaian bisa diawali dengan memberi ucapan salam kepada saudara kita. Kata Assalamualaikum memberikan pelajaran kepada kita bahwa tidak diperkenankan bagi seorang Muslim untuk membenci dan menghujat sesama Muslim, menyebarkan permusuhan, menebarkan ujaran kebencian dan memutuskan tali persaudaraan.

Kedua, Selain kita diwajibkan untuk mengeluarkan nafkah untuk keluarga, atau mengeluarkan zakat atas harta, Nabi menganjurkan kepada kita untuk bersedekah, terutama bagi orang-orang yang membutuhkan.

Ketiga, menjalin silaturrahim dan persaudaraan, walaupun hanya dengan ucapan salam. Sabda Nabi SAW : Tiga hal yang menjadikan seseorang akan dihisab Allah dengan mudah dan akan dimasukkan ke surga dengan Rahmat-Nya. Sahabat bertanya, bagi siapa itu wahai Rasulullah shallallahu alaihi wasallam? Nabi bersabda: Engkau memberi orang yang menghalangimu, engkau memaafkan orang yang mendzalimimu, dan engkau menjalin persaudaraan dengan orang yang memutuskan silaturrahim denganmu.

Keempat, menjalankan shalat malam ketika banyak orang telah tidur terlelap. Nabi juga bersabda: Seutama-utama puasa setelah ramadhan adalah puasa di bulan Muharram, dan seutama-utama shalat sesudah shalat wajib adalah shalat malam. (HR. Muslim No. 1163)

Oleh: Ustadz Abdul Majid

Related posts

Menjaga Hati

Menjaga Hati

Menjaga Hati Jagalah hati jangan kau kotori Jagalah hati lentera hidup ini Jagalah hati jangan kau nodai Jagalah hati cahaya illahi Syair lagu di...

Posted
Huznudzon Vs Suudzon

Huznudzon Vs Suudzon

Prasangka Buruk VS Prasangka Baik Berburuk sangka adalah satu sifat tercela di dalam ajaran agama Islam. Buruk sangka biasanya berawal dari dugaan...

Posted

Leave a Reply