Bandara SIM Aceh Beri Kartu Kewaspadaan ke Penumpang

 

Petugas kesehatan Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda menyediakan alat pendeteksi suhu tubuh di terminal kedatangan internasional untuk mengantisipasi dan mencegah masuknya wabah MERS ke Aceh. Turis maupun warga Aceh yang pulang dari luar negeri akan diberi kartu khusus yang dinamakan Health Alert Card atau kartu kewaspadaan kesehatan.

 

Pengendalian Karantina dan Surveilans Epidemiologi KKP Banda Aceh, Lindawati, mengatakan, pemberian kartu khusus ini bertujuan untuk mencegah wabah penyakit yang berasal dari Timur Tengah ini tidak masuk ke Aceh.

 

Kartu tersebut diberikan setelah pihaknya menerima surat edaran dari Direktorat Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan RI Nomor IR.02.02/D/III.3/443/2014 tentang Kewaspadaan MERS CoV pada 23 April lalu.

 

Merebaknya kasus MERS di Indonesia menyebabkan pihak otoritas kesehatan Bandara memperketat pengawasan. Karena virus ini berasal dari kawasan Timur Tengah, maka pengawasan bagi warga yang pulang umrah dari Mekah diperketat. Para jamaah akan diperiksa kesehatannya.

 

Selain itu, untuk jamaah yang akan berangkat umrah diminta melakukan sejumlah pencegahan agar tidak terkena wabah MERS. Lindawati menyarankan, untuk jamaah yang berangkat ke Arab Saudi agar memakai masker dan menjaga jarak dengan warga Arab Saudi.

 

Bandara I Gusti Ngurah Rai Siaga Cegah Virus MERS Telah Memasang Alat Thermal Scanner (pemindai suhu tubuh)

 

Bandara I Gusti Ngurah Rai siaga terhadap penyebaran virus Mers-CoV masuk ke wilayah Bali. Sebagai pintu gerbang utama Pulau Dewata, PT Angkasa Pura I (Persero) bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Ngurah Rai saling berkoordinasi untuk mengantisipasi masuknya virus Mers-CoV ke Bali.

 

Sebagai upaya pencegahan, Ardita mengatakan KKP telah memasang alat thermal scanner (pemindai suhu tubuh) di pintu masuk area terminal kedatangan luar negeri. Alat ini berfungsi untuk mengukur suhu tubuh. Bagi penumpang atau kru yang memiliki suhu tubuh di atas ambang batas maka akan diperiksa lebih lanjut oleh petugas KKP, yang wajib diperhatikan adalah penerbangan yang datang langsung dari Timur Tengah sebagai wilayah asal munculnya virus Mers-CoV. Diharapkan dengan diberlakukannya prosedur ini, dapat membantu pencegahan penyebaran virus Mers-CoV di Bali.

Related posts

Leave a Reply