Para Pembaca Yang Budiman,

 

Nabi Yang Maha Mulia Muhammad Shollallahu ‘Alaihi Wassalam bersabda:
“Berhati-hatilah kalian dari tindakan berprasangka buruk, karena prasangka buruk adalah sedusta-dustanya ucapan. Janganlah kalian saling mencari berita kejelekan orang lain, saling memata-matai, saling mendengki, saling membelakangi, dan saling membenci. Jadilah kalian hamba-hamba Allah yang bersaudara” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhari hadits no. 6064 dan Muslim hadits no. 2563].

 

Terkait hadist di atas ada sebuah pelajaran yang sangat baik untuk kita ambil sebagai tuntunan menjalani kehidupan sehari-hari. Dikisahkan dari seorang sufi besar bernama Ibrahim bin Adham.
Suatu ketika, Ibrahim bin Adham sedang berjalan di tepi pantai. Tanpa sengaja, matanya melirik sepasang manusia berduaan dengan begitu mesranya. Terlintas di benak sufi ini bahwa sepasang kekasih itu sedang dimabuk cinta. Bukan hanya mabuk cinta, ternyata mereka juga sedang mabuk dalam arti yang sesungguhnya. Terlihat di sekeliling mereka beberapa botol minuman yang habis ditenggak isinya. Beberapa saat, Ibrahim bin Adham terkesima dengan pemandangan yang dilihatnya. Sambil menggeleng-gelengkan kepala ia berpikir betapa musykilnya sepasang manusia ini, bermaksiat sedemikian mudahnya, seakan tak ada dosanya.

 

Tiba-tiba dalam jarak beberapa meter di depan mereka, gelombang laut mengganas menerjang pinggiran pantai. Menghanyutkan sesiapa yang berdekatan, tak pandang bulu. Beberapa orang berusaha berdiri, berenang, dan berlari menjauh ke arah daratan. Sebagian mereka bisa melepaskan diri dari terjangan ombak. Namun nahas, lima lelaki tak kuasa diseret gelombang. Seketika, lelaki mabuk yang sedang bermesraan di pinggir pantai itu berlarian menuju ke arah lima orang yang hanyut. Ia berusaha menarik satu-persatu lelaki yang hampir terbawa arus. Ibrahim bin Adham yang melihat kejadian itu hanya bisa tercengang, berdiri mematung di tempatnya. Dia tercengang dengan kejadian itu dan juga karena tak mampu berenang.

 

Sementara si lelaki ini begitu cekatan berlari dan berenang. Tak membutuhkan waktu lama, pemuda itu berhasil menyelamatkan empat orang. Kemudian ia kembali. Namun bukannya kembali ke perempuan yang tadi sempat ditinggalkan sejenak, lelaki ini justru menuju ke arah Ibrahim bin Adham. Belum terjawab kebingungan Ibrahim bin Adham, tiba-tiba saja, ia mengucapkan beberapa kalimat, padahal Ibrahim bin Adham tidak bertanya sepatah katapun.

 

“Tadi itu aku hanya bisa menyelamatkan empat nyawa, sementara kau seharusnya menyelamatkan sisa satu nyawa yang tidak bisa aku selamatkan.”
Belum selesai kebingungan Ibrahim bin Adham, lelaki ini melanjutkan, “Perempuan yang di sebelahku itu adalah ibuku. Dan minuman yang kami minum hanyalah air biasa.” Ia memberikan alasan. Seolah ia mampu membaca semua apa yang dipikirkan oleh Ibrahim bin Adham.

 

Kejadian sederhana itu mampu menyadarkan sang ulama terkenal, Ibrahim bin Adham. Seketika itu hati beliau dipenuhi sesal dan taubat. Lelaki yang sempat dianggap ahli maksiat ternyata jauh lebih baik dibandingkan beliau yang terkenal ahli ibadah. Kejadian itu begitu membekas dalam hidup Ibrahim bin Adham hingga wafatnya. Jika seorang Ibrahim sang Sufi saja bisa terjebak dalam perangkap itu, bagaimana dengan kita manusia akhir zaman?

 

Betapa seringnya kita berada di posisi menjustifikasi dan mengira-ngira manusia atas sedikit fakta yang kita tahu tentang cuplikan kehidupan mereka. Kita menuduhnya dengan stigma yang sangat tak pantas. Tatkala seorang teman yang tak menyapa ketika berpapasan dengan kita sekali waktu, kita langsung menduga ia sombong. Padahal di balik itu, ia sedang dirundung masalah besar, bersedih, atau juga tak melihat kita.

 

Di saat seorang teman tak memberi kita pinjaman uang, seketika kita menduga bahwa ia pelit. Padahal di balik itu ia sedang berusaha mendapatkan banyak uang untuk kebutuhan ibunya atau untuk membayar utang-utangnya. Di saat seorang karib tak memenuhi undangan kita, terlintas di benak jika ia seorang yang tak menghargai. Padahal di balik itu, dia mendapatkan sebuah tanggungan yang harus segera diselesaikan hari itu juga sementara ia sungkan untuk memohon izin dikarenakan penghormatannya.

 

Penyebab retaknya ukhwah dengan sesama salah satunya disebabkan urusan salah persepsi. Lalu melahirkan saling mencurigai dan saling ber-su’udzon. Tak sengaja ketika kita menganggap seseorang berdasarkan persepsi kita maka yang terjadi adalah rasa kekecewaan terhadap semua orang. Sementara tanpa disadari hal ini juga membangkitkan rasa ego sedikit demi sedikit menjadi pribadi yang superior, tanpa cela, dan antikritik. Sampai akhirnya menganggap diri sendiri adalah segalanya. Sang manusia sempurna dan pemilik kebenaran seorang diri, atau kelompoknya semata. Betapa berbahayanya. Nauzdubillah..!

 

Berburuk sangka termasuk perilaku yang salah, pemantik dosa. Ketika seseorang berburuk sangka dan sangkaannya itu benar, maka sama sekali ia tak akan mendapat pahala apapun. Sementara jika ia berburuk sangka dan sangkaannya itu salah, maka pasti atasnya perbuatan dosa. Betapa tak bermanfaatnya berburuk sangka, menstigmasisasi, dan menghakimi seseorang dari apa yang sedikit pengetahuan kita tentang dia.

 

“Prasangka buruk tidak selamanya berasal dari yang buruk, namun bisa jadi prasangka buruk itu berasal dari ketidaktahuan”. (KH. Hasyim Asy’ari)

 

Wallahu ‘alam bishowab
Abdul Majid, SP. SHI

Related posts

59 Comments

  • Posted 18/10/2013

    alamin

    silahkan jika ada pertanyaan.

    • Posted 28/02/2014

      H.Nugroho

      Ass.

      >WWBagaimana cara merubah nama di pasport yg hanya 2 suk
      u kata Wass

      • Posted 07/03/2014

        alamin

        Waalaikumsalam pak H.Nugroho
        untuk cara pengubahan nama dipasport pengurusanya di imigrasi, untuk lebih lanjut bapak boleh hubungi kantor kami

    • Posted 18/06/2014

      desman

      Selamat siang, Saya Desman dari majalah Femina Jakarta. Saya sedang menulis artikel bisnis operator umrah. Agen travel perjalanan umrah menggandeng artis sebagai strategi marketing. Apakah Al Amin Universal menggunakan strategi seperti itu?
      Terima kasih
      Salam,
      Desman Mendrofa.

      • Posted 19/06/2014

        alamin

        Selamat pagi pak Desman,
        Apakah Al Amin menggandeng artis untuk strategi marketing? Tidak benar, Al Amin Universal tidak menggandeng artis atau para pejabat,untuk strateti marketing. kami lebih memberikan pelayanan terbaik bagi jamaah Haji dan Umroh.
        Terima Kasih

    • Posted 26/08/2014

      Devie

      Assalamualaikum wrwb,

      Mohon informasi biaya haji untuk tahun 2014/2015. InshaaAlloh kami akan mendaftarkan karyawan kami yang sudah mendapatkan prestasi.
      Mohon diemail ya Pak

      Wassalam

      • Posted 29/08/2014

        alamin

        Wa’alaikumsalam Wr Wb Ibu Devi
        Bila Ibu/Bpk melakukan pendaftaran haji tahun ini, estimasi keberangkatan di tahun 2020/2021. Hal ini sudah ketentuan dari pemerintah, informasi biaya haji sementara masih sesuai yang di website. Untuk lebih lanjut hub : 021-7392800. Terima kasih Wassalammu’alaikum Wr. Wb

  • Posted 19/10/2013

    hanafie asnan

    Asslm.Wr.Wb.
    Kapan jadwal umroh mendatang. Trm kasih. Wasslm.

    • Posted 21/10/2013

      alamin

      wa’alaikumussalam wrwb, yth Bpk Hanafie, akan kami follow up via email dan secepatnya kami update di website juga, sebelumnya terimakasih atas apresiasinya, jazakallohu khoir

  • Posted 20/10/2013

    R.Elvira Meiiriana

    AsslmlkWrWb,mau tau untuk jadwal umroh regional yg pertama sudah adadengan ratenya ya

    • Posted 21/10/2013

      alamin

      wa’alaikumussalam wrwb, yth ibu R.Elvira, akan kami follow up via email dan secepatnya kami update di website juga, sebelumnya terimakasih atas aprasiasinya, jazakillahu khoir

  • Posted 23/10/2013

    M. Syarifuddin

    Assalamu’alaikum Wr.Wb. Mau tanya utk jadwal Umroh Plus akhir bulan Desember 2013 apakah ada ? dan berapa ratenya. Trimakasih. Wass.

  • Posted 23/10/2013

    bambang irawan

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh,
    Minta infonya buat ONH plus tahun 2014 kisaran biaya berapa perorang? terima kasih.

  • Posted 08/11/2013

    Endang W.S.

    Apakah ada Umroh Pada akhir tahun ini, dimana tgl 31 Desember 2013 berada di Mekkah ? Bila ada berapa biaya, berapa hari dan bagaimana skedulenya? Mohon dikirim detailnya. Tmksh

  • Posted 21/12/2013

    Sarinah

    Assalamualaikum
    Saya Mau ajak Anak saya umrah umur 10 tahun brp biayanya ?
    Saya Mau Tanya jadwal umrah plus Thn 2014 sama harganya?
    Tolong kirim via e-mail Terima kasih
    Sebelumnya.
    Wassalam

  • Posted 11/01/2014

    ade wulan

    Assalamualaikum. Alhamdulillah bisa mengetahui travel ini. Saya ingin menanyakan kebenaran terkait golongan kelas umroh dari al amin universal cabang kuningan yang sedikit ada perbedaan dengan yang tercantum di web ini. Cabang kuningan al amin universal menawarkan 3 kelas. Salah satunya adalah kelas ruby ($2.150/ orang). Apakah memang benar al amin menawarkan kelas ruby kepada customer?

  • Posted 12/01/2014

    Manshur Hadi

    bismillah.Assalamu’alaikum. Maaf atas kelancangan kami ini pak. Kami hanya ingin bertanya tentang peluang kerja sebagai mutowwif. Apakah Anda punya info? Atas perhatiannya kami sampaikan banyak terima kasih

  • Posted 02/03/2014

    Ratu

    Assalamualaikum

    Kami sekeluarga insya Allah ingin melakukan ibadah umroh di bulan april 2014 diatas tgl 20.

    Mohon info apakah ada jadwal yg cocok dan berapa utk ratenya.

    Terimakasih

    Wassalamualaikum

  • Posted 12/03/2014

    Reza Firdauzi

    Assalamu Alaikum,

    Saya ingin menanyakan beberapa hal:
    1. Apa bedanya antara umroh yang diselenggarakan oleh Al Amin dengan Manasik Prima? Apakah beda pelayanannya?
    2. Untuk Umroh Reguler tahun 2015, kapan saya bisa mulai mendaftar?

    Terima kasih

    • Posted 17/03/2014

      alamin

      waalaikumssalam pak Reza Firdauzi
      1. penyelenggaraan umroh Al-amin dengan Manasik Prima berbeda, dari harga,hotel dan bus.untuk handling Al-amin di imigrasi tidak antri,keprluan diurus oleh Al-amin,ada penjemputan ketika trun dari pesawat,untuk Manasik Prima layaknya seperti biasa, antri di imigrasi,dan tidak ada penjemputan
      2.untuk pendaftaran sebulan sebelum keberangkatan
      untuk info lebih lanjut,boleh langsung hubungi di: 021-7392800(Al-amin) / 021-72793999 (Manasik Prima)
      Terima Kasih, Wassalammualaikum

  • Posted 28/03/2014

    Rinalia wahyudi

    Ass, saya mau tanya klo mau niat haji plus brp tahun WL nya. Klo daftarnya thn 2013. Makasih

    • Posted 04/04/2014

      alamin

      Waalaikumsalam ibu Rinalia, untuk haji masa tunggunya kurang lebih 5 tahun,jika ibu sudah daftar ditahun 2013 kurang lebih berangkat haji di tahun 2017
      Wassalammualaikum,

  • Posted 14/04/2014

    Myrna Yuanita

    Assalamualaikum wrwb.,
    Mohon dapat dikirim informasi mengenai pendaftaran untuk ibadah haji dengan manasik prima, berapa biayanya dan paket apa saja. Pembayaran pertama? Apakah saya bisa langsung daftar?
    Terima kasih.
    Wassalam,
    MY

  • Posted 28/04/2014

    retno

    asslamualaikum wr wb, mohon informasi kami ingin memberangkatkan orang tua kami dg usia 77 thn dan 70 thn, apakah juga harus antri selama 5thn atau ada program percepatan untuk lansia ? waalaikum salam

    • Posted 30/04/2014

      alamin

      Waalaikumssalam Wr Wb,
      Secara prosedur calon jamaah Haji yang mendaftar, akan berada dalam kondisi antrian. untuk percepatan keberangkatan kami menunggu sisa kuota yang diberikan kementrian agama. sehingga kami tidak dapat memastikan untuk percepatan keberangkatan. kami hanya dapat membantu mengajukan nama calon jamaah lansia.
      sebagai informasi jamaah, calon jamaah lansia yang hendak menunaikan ibadah haji harus ada keluarga yang mendampingi.
      Terima kasih Mba Retno
      Wassalammualaikum,

  • Posted 15/07/2014

    masruri

    Assalamualaikum.wr.wb
    Mohon informasi jadwal umrah untuk Akhirnya tahun 2041 atau awal tahun. Rencana pergi sama anak anak pas libur sekolah.

    Wassalam wr.Wb
    Masruri

    • Posted 18/07/2014

      alamin

      Waalaikumsalam wr.wb Bapak Masruri, keberangkatan insyaallah Desember 2014,untuk jadwal umroh kami belum ada,nanti akan kami informasikan melalui Web ini. untuk lebih lanjut hubungi Al Amin di : 021- 7392800. Terima kasih
      wassalamu’alaikum wr. wb

  • Posted 22/08/2014

    Zizah

    Assalamu’alaikum…
    Saya mau tanya untuk paket haji. Krn saya ingin daftar dan saya sdh punya nomor porsinya. mohon infonya ya…
    Wass…

    • Posted 29/08/2014

      alamin

      Waal’aikumsalam Wr. Wb
      maaf no BPIH ibu/bpak berapah? karena utuk mengetahui estimasi keberangkatan,boleh email No. BPIH di al-amintours.com lebih lanjut hub : 021-7392800. Terima kasih Wassalammu’alaikum WR. Wb

  • Posted 05/09/2014

    hefi eriyani

    asswrwb,mohon infonya, saya dan suami sudah mempunyai no porsi dan InshaAllah akan berangkat tahun 2016 boleh kah kami pindah travel keberangkatan haji nanti ke travel al amin universal
    trimakasih
    wasswrwb

    • Posted 18/09/2014

      alamin

      wa ‘alaikumsalam Wr. Wb Ibu Hefi,untuk syarat pindah travel mohon dibuatkan surat pindah travel (dari travel yang sebelumnya Ibu daftar) ke travel Al Amin Universal,bila sudah surat pindah travel diserahkan ke Al Amin.Lebih lanjut hub : 021-7293800.

      Terima kasih,
      Wassalammu ‘alaikum Wr. Wb

  • Posted 08/10/2014

    Azhari Thaib

    Ass.WW
    Mohon informasi jadwal keberangkatan UMROH untuk akhir tahun 2014 dan juga ratenya.
    terimakasih
    Wass.ww

    • Posted 10/10/2014

      alamin

      Waalaikumsalam Wr.Wb

      Jadwal keberangkatan dan route sudah saya cantumkan, mohon dicek di haji & Umroh ; Umroh Reguler, bila ada hal-hal yang kurang dimengerti silahkan hubungi kami kembali di : 021-7392800
      Terima kasih. Wassalammu ‘alaikum Wr. Wb

  • Posted 03/11/2014

    Moadah Esaa

    How can I contact ?

    • Posted 10/11/2014

      alamin

      you can contact as 021-7392800. Thaks

  • Posted 01/01/2015

    ellies daini

    Assalamualaikum,
    Mohon info pak,
    Sy dan suami sudah mendaftar di haji biasa tahun 2011, estimasi berangkat 2019
    Jika sy ingin pindah menjadi haji plus dan menggunakan travel ini, bisakah? Berapa biaya onh plus nya, dan kira2 tahun brp kuota sy jika mendaftar skg.
    Terimakasih u infonya.

    • Posted 07/01/2015

      alamin

      Wa’alaikumsalam Ibu Ellies,untuk proses haji ONH biasa dan ONH plus berbeda, bila Ibu dan Bapak ingin pindah ke ONH Plus maka akan daftar ulang kembali. Untuk lebih lanjut Ibu langsung menghubungi marketing kami di T : 021-7392800

      Terima kasih,

  • Posted 12/01/2015

    fersia

    Assalamualaikum wr wb,,
    apakah boleh saya minta dikirimkan jadwal umroh plus utk tahun 2015 berikut biaya dan tujuannya pak? terimakasih.
    wassalamualaikum wr wb

    • Posted 12/01/2015

      alamin

      Wa’laaikumsalam Wr. Wb

      Baik Bu, akan kami kirim brosurnya ke alamat email Ibu. Atas perhatiannya terima kasih.

      Wassalammu ‘alaikum Wr. Wb

  • Posted 23/01/2015

    Aliya

    Assalamualaikum wr wb,,
    Bapak/Ibu mohon maaf, saya minta tolong informasi jadwal umroh plus utk tahun 2015 berikut biaya dan tujuannya pak? terimakasih.
    wassalamualaikum wr wb

  • Posted 03/02/2015

    yusi ayu

    Assalamualaikum Wr.Wb,

    Mohon info pak untuk jadwal umroh tahun 2015 dan juga biaya untuk daftar Haji.
    Terima kasih

    Wassalamualaikum Wr.Wb

  • Posted 07/02/2015

    etty muhri

    asalamualaikum, mohon daftar umroh plus di bulan juni dan juli 2015, makasih wasalam

  • Posted 07/02/2015

    susilowati

    Assalamualaikum Wr.Wbr.

    Apakah boleh saya dikirimkan jadwal Umroh biasa(reguler) dan umroh plus utk thn keberangkatan 2015, berikut biaya dan tujuannya? Terimakasih
    Wassalamualaikum Wr.Wbr

  • Posted 10/02/2015

    Viola

    Assalamualaikum wr. wb
    Mohon informasi untuk :
    1. Jadwal umroh tahun 2015 berikut biaya serta itinerary-nya
    2. Jadwal umroh plus turki tahun 2015 berikut biaya serta itinerary-nya

    Terima kasih.

  • Posted 20/02/2015

    eko

    Assalamualaikum, boleh kirimkan saya jadwal umroh plus dan umrah regular beserta ittenarry plus hotel serta pesawatnya, Pak? Tksh…

  • Posted 20/02/2015

    shinta sari

    Mohon dikirimkan jadual, biaya, syarat peserta, fasilitas serta itenerary umroh reguler 9 hari tahun 2015..tks

  • Posted 25/02/2015

    Ika Julia

    Assalamualaikum, mohon informasi, apa ada umrah plus tour bahrain? terimakasih sebelumnya.

  • Posted 03/03/2015

    yuviana

    Asswrwb bapak Ustadz mohon bisa dikirimkan kami doa membuka pintu rezeki, karena buku panduan yang diberikan, kebawa oleh teman kami wsswrwb

  • Posted 11/03/2015

    Prabu Yudhistiro

    Assalamualaikum…

    Mohon dikirimkan informasi biaya untuk pendaftaran haji, dan juga itinerary/jadwalnya…terima kasih…

  • Posted 17/03/2015

    Mia

    assalamu’alaikum
    mohon kirimkan biaya haji , trmksh

  • Posted 19/03/2015

    gima

    assalamualaikum.. saya minta informasi biaya haji dan lama tunggu nya … terimakasih . wassalam

  • Posted 21/04/2015

    Zaki

    Assalamualaikum, boleh kirimkan saya jadwal umroh plus dan umrah regular beserta ittenarry plus hotel serta pesawatnya, Pak? Tksh…
    Travel Umroh

  • Posted 22/04/2015

    eko cahyo purnomo

    Assalamu’alaikum,

    Mohon perkenan dan informasi estimasi keberangkatan Haji Plus apabila saya dan isteri melakukan pendaftaran di tahun 2015 ini? Terima kasih, Wassalamu’laikum, Eko

  • Posted 10/06/2015

    Dyah rahmany

    Assalamu’alaikum, mohon dikirimkan estimasi biaya haji bila saya dan suami akan mendaftar th 2015 ini. Terimakasih Wassalamu’aikum wr, wb

  • Posted 18/06/2015

    Rachmat

    Assalamu alaikum..

    saya beminat menjadi Mitra atau agen dari perusahaan yang bapak pimpin..
    apakah ada ketentuannya

  • Posted 20/06/2015

    Dyah Wening

    Mohon info biaya per orang utk haji plus th 2016 (3orang), termasuk itenary, akomodasi serta transportasi.
    Tks

    • Posted 14/06/2016

      Al Amin Tours

      Bisa hubungi Tim Marketing Haji kami, ke nomo 021 – 727 96950 (PIC: Mba Utty)

Leave a Reply